Tingkatkan Wawasan Kebangsaan 150 Mahasiswa UNIBA, Laksanakan Kunjungan Ke DPR RI.

By UNIBANEWSROOM 03 Mei 2023, 22:18:48 WIB , dibaca :301
Tingkatkan Wawasan Kebangsaan 150 Mahasiswa UNIBA, Laksanakan Kunjungan Ke DPR RI.

UNIBANews – Sebanyak 150 Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Bina Bangsa melaksanakan kunjungan pada DPR RI. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam wawasan kebangsaan (Selasa, 02/05/2023).

Kedatangan rombongan mahasiswa dan beberapa dosen FISIP UNIBA diterima dengan baik oleh tim  Humas dan Pengelolaan Museum Sekjen Humas DPR, yang dihadiri Kepala Subbagian Promosi, Diseminasi dan Edukasi Publik Muammil Rokhily dan Zoel Arief, dan Ibnu Shihab di ruang Abdul Muis Gedung Nusantara.

Kunjungan Ini bertujuan sebagai praktik luaran mata kuliah, mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis dikelas, dan mendapat materi langsung dari praktisi dan melihat fenomena langsung dilokasi,  dari mata kuliah yang sesuai dan mengenal lebih dekat tugas pokok dan fungsi DPR-RI, Perundangan-undangan dan kenegaraan. 

Baca Lainnya :


Dalam kegiatannya mahasiswa diberikan materi tentang DPR, Fungsi dan alat kelengkapan DPR yang diterangkan langsung oleh Pranata humas Sekjen DPR- RI Zoel Arifin. Dalam paparannya Zoel Arifin juga menjelaskan bagaimana perubahaan RUU menjadi UU, dan wawasan lanya terkait siklus kerja yang ada diparlemen. Selanjutnya mahasiswa di ajak untuk masuk ke dalam museum parlemen yang berisikan tentang sejarah DPR-RI.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa juga diberikan kesempatan berdiskusi dan menyampaikan beberapa pertanyaan terkait sistem kerja DPR-RI.

Cecep Abdul Hakim selaku kepala Humas, Protokoler & Medkominfo UNIBA yang mengikuti kunjungan ini menyampaikan bahwa “setelah mengikuti kegiatan kunjungan, mahasiswa telah diberikan ilmu tambahan sesuai fenomena yang mereka lihat langsung terkait kenegaraan hal ini akan sesuai dengan studi keilmuan yang mereka tekuni di kampus”

Saat kunjungan ke DPR-RI mahasiswa FISIP Nuraeni dari program studi Ilmu Komunikasi mengatakan kunjungan ini sangat berkesan dan bermanfaat.

“Kegiatan campus visit dalam luaran pembelajaran politik seperti ini sangat berkesan karena kami mendapat ilmu dan wawasan baru, dan belajar sistem ketatanegaraan dan politik yang baik, terlebih memasuki Kawasan komplek DPR-RI dan berkeliling Museum DPR-RI, Ujarnya.


Dengan melakukan kunjungan ini, mahasiswa dapat menerima ilmu dan wawasan kebangsaan yang dimana ini memiliki kesusaian dengan studi yang mereka tekuni, Ujar April Laksana Selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UNIBA.

Ia berharap ini dapat menjadi motivasi untuk lulusan dari FISIP UNIBA nanti kelak dapat menjadi negarawan yang dapat menyampaikan aspirasi rakyatnya.

Dekan FISIP UNIBA Noerma Kurnia Fajawarti juga menyatakan “Mahasiswa itu memang harus memahami mekanisme dan kondisi di dalam gedung DPR-RI, dan manfaat campus visit ini sebagai luaran pembelajaran mahasiswa dan dapat menjadi bekal keilmuan yang nyata bagi bangsa”.

Kegiatan study visit kampus ini juga dapat menjadi menumbuhkan motivasi dan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa, tambahnya.

Dalam kegiatan juga turut hadir Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan Ita Rosita Rohiyah, Kepala Program Studi Ilmu Pemerintah Try Adhia Bangsawan, Arfian Surya Suciramdhan dan Meiby Zulfikar Selaku Dosen Pengampu Mata kuliah (CAM – Red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook